Image

Greeneration Foundation membentuk tim Eco Ranger dan membangun SEKOLA (Sentra Kelola Sampah) untuk mendukung kebersihan dan keberlanjutan destinasi wisata di Indonesia. Tim ini terdiri dari warga lokal yang tergerak dalam isu persampahan. Mulai dari Ketua Kelompok Masyarakat, pemuda desa, hingga perangkat desa. Tim Eco Ranger bertangung jawab dalam mengelola sampah di Desa Sumberagung.

SEKOLA didirikan pada tahun 2019 didukung oleh dana swadaya dari Greeneration Foundation dan penyediaan izin lahan oleh PERHUTANIKPG Banyuwangi Selatan. Sedihnya, meskipun sudah berdiri namun infrastrukturnya sangat memprihatinkan sehingga memiliki banyak keterbatasan dalam menjalankan pengelolaan sampah.

Ada beberapa hal yang diperlukan untuk mendukung keberlanjutan SEKOLA diantaranya pengurukan lahan untuk mencegah banjir, instalasi listrik dan air bersih, modal awal pengolahan sampah organik, dan biaya operasional pengelolaan sampah residu. Dampak dari pengelolaan sampah yang tidak baik perlu mendapat perhatian agar setiap orang mendapatkan hidup yang sehat dan lebih baik lagi.

Jangan biarkan SEKOLA berhenti dan membiarkan sampah terus menumpuk dan tidak terkelola.  

#OrangBaik, mari mulai kebiasaan baik dengan berpartisipasi pada program bantu perbaiki tempat pengolahan sampah demi melestarikan lingkungan Indonesia, dengan cara:

  1. Klik "DONASI SEKARANG";
  2. Masukkan nominal donasi;
  3. Pilih Metode Pembayaran (GO-PAY, Dompet Kebaikan, Transfer, Virtual Account, Kartu Kredit);
  4. Segera transfer sesuai nominal jika menggunakan Transfer & Virtual Account.

Kamu juga bisa berkontribusi dengan menyebarluaskan link campaign ini agar lebih banyak orang lagi yang mendukung program ini.

Image

Apakah kalian semua masih ingat tragedi persampahan terburuk nomor dua di dunia yang mengubur 3 desa? Tragedi ini menimbun 71 rumah dan menewaskan 141 orang di Leuwigajah, Bandung pada 21 Februari 2005. Kini, sudah 15 tahun sejak meledak dan longsornya TPA (Tempat Pemrosesan Akhir, dahulu Tempat Pembuangan Akhir) Leuwigajah. Namun kenyataannya, isu sampah masih menyebabkan banyak permasalahan, baik dari segi sosial, kesehatan dan ekonomi yang mengancam ketahanan dan pertahanan Indonesia saat ini bahkan di masa mendatang.

Pada tahun 2020 jumlah timbunan sampah menjadi makin besar yakni 67,8 ton dan nampaknya akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya penduduk. Secara khusus di masa pandemi saat ini, semakin bertambahnya sampah rumah tangga dibandingkan sampah perkantoran. Hal ini menambah banyak pekerjaan rumah yang harus kita lakukan. 

Greeneration Foundation dalam menjalankan organisasinya mengusung isu strategis yang mendukung Goal nomor 12 Sustainable Development Goals (SDG’s), yaitu “Sustainable Consumption and Production”, yang meliputi Pengelolaan sampah, Gaya hidup yang Berkelanjutan, Produksi yang jelas dan pengelolaan efisien dalam penggunaan sumber daya alam, Pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan.

Oleh karena itu dengan membantu setiap upaya yang kami lakukan melalui donasi ini, Anda sudah ikut serta menjadi bagian dari #GenerasiHijau dalam mewujudkan perbaikan lingkungan, perwujudanan tata kelola sampah yang berkelanjutan, serta menciptakan hari ini dan masa depan yang lebih baik.